Korban Terorisme Bantu Kampanye Deradikalisasi

Beritasatu.com

Korban Terorisme Bantu Kampanye Deradikalisasi


Asosiasi Korban Bom Terorisme di Indonesia (ASKOBI) melakukan kampanye anti kekerasan terhadap generasi muda di Indonesia.


Hal tersebut bertujuan untuk memerangi aksi terorisme.

Tony Soemarno, 57, anggota ASKOBI yang membawahi hubungan dalam dan luar negeri, mengatakan pada beritasatu.com hari ini bahwa pesan penting dalam kampanye tersebut adalah ‘kekerasan bukan merupakan bagian hidup dari masyarakat Indonesia’.

“Aksi terorisme merupakan salah satu bentuk aksi kekerasan dan ini sangat perlu untuk diberitahukan pada masyarakat terutama pada anak muda Indonesia bahwa kekerasan bukan budaya masyarakat Indonesia,” kata Tony. “Kita adalah masyarakat anti kekerasan.”

Tony, yang merupakan salah satu korban serangan bom JW Marriot tahun 2003, mengatakan bahwa aksi terorisme di Indonesia tidak akan pernah berhenti bila tidak ditangani hingga ke akarnya.

“Saya dulu sempat menemui para pelaku terorisme. Saya mengatakan pada mereka agar jangan sampai kejadian seperti ini sampai terulang lagi, namun mereka mengatakan pada saya bahwa mereka tidak dapat mengontrol karena telah banyak kandidat yang siap melakukan aksinya” kata Tony kepada beritasatu.com.

“Mereka juga mengatakan bahwa kandidat berikutnya akan ada terus karena para teroris telah mendoktrin mereka dengan ajaran-ajaran sesat,” kata Toni, yang dulu dirawat selama hampir 11 bulan di ruang isolasi di Rumah Sakit Pertamina Jakarta akibat luka bakar parah.

Meskipun selama ini pemerintah telah menangkap pelaku-pelaku terorisme, ia menyayangkan tindakan pemerintah yang baru bergerak setelah terjadi serangan bom.

“Pemerintah seharusnya tidak bertindak seperti pemadam kebakaran yang baru memadamkan api saat kebakaran terjadi. Namun pemerintah seharusnya melakukan tindakan pencegahan dengan cara melakukan edukasi terhadap masyarakat dengan mengalang aksi anti kekerasan,” kata Tony.

“Dengan demikian, apabila masyarakat memiliki kemarahan terhadap pihak-pihak tertentu mereka dapat menyalurkan ke hal-hal yang lebih positif,” ujarnya.

Tony menambahkan selain membutuhkan peran serta pemerintah untuk memerangi aksi terorisme, masyarakat pun perlu mengambil andil dalam pencegahan terjadinya terorisme.

Hari ini sebagai puncak acara peringatan Sembilan Tahun Serangan Bom Bali, ASKOBI akan melakukan aksi penandatangan kain kafan terpanjang di dunia di Bundaran H.I pada pukul 17.00 yang dilanjutkan dengan Preview Film Dokumenter “Nasir Abas-Captain Jihad” karya Damien Dematra.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: