Peserta INAICTA Meningkat 20 Persen

Beritasatu.com


Peserta robotic meningkat tiga kali lipat, kategori robot aplikatif empat kali lipat.

Ajang penghargaan akbar berskala nasional di bidang komunitas teknologi informasi dan komunikasi 2011 disambut antusias. Hal ini setidaknya terbukti dengan meningkatnya jumlah peserta sebesar 20 persen dari tahun lalu.

“INAICTA mendapatkan dukungan yang cukup luas dari komunitas,” kata Kamalludin Ramli, penanggungjawab Tim Indonesia ICT Award 2011, hari ini (4/10).

Kamalludin menjelaskan, INAICTA (Indonesian Information and Communication Technology Award) diselenggarakan dengan latar belakang untuk mendorong potensi dan kreativitas anak bangsa di bidang teknologi informasi dan komunikasi. Tujuannya, agar mampu menghasilkan produk dan jasa TIK yang berkualitas, serta berdaya saing dan nilai jual (untuk) ke pasar domestik, regional dan internasional.

Dalam penyampaian laporan pertanggungjawabannya, Kamalludin pun mengatakan bahwa INAICTA diikuti oleh 1.768 peserta dengan 752 buah karya inovasi. Artinya, terdapat peningkatan peserta sebanyak 20 persen, dibanding tahun 2010 lalu dengan 1.375 peserta.

“Untuk peserta robotic, ada 219 peserta. Terdapat peningkatan peserta sebanyak tiga kali dibandingkan tahun lalu di mana peserta robotic sebanyak 70 peserta saja,” ungkap Kamaluddin.

“Yang juga menarik adalah peningkatan (kategori) robot aplikatif, di mana terdapat 26 peserta. Meningkat empat kali lipat dari tahun lalu yang hanya diikuti 6 peserta,” lanjutnya.

Kamalludin menambahkankan bahwa peningkatan kualitas karya, juga dapat dirasakan pada dua bidang, yakni digital animation dan digital audio. Sementara untuk business matching program, Kamalludin mengatakan bahwa terdapat 65 orang yang mengikuti program yang diseleksi oleh enam perusahaan pemodal tersebut, di mana hari ini akan dipilih 33 peserta calon teknopreneurs.

“Mudah-mudahan antusiasme ini bisa terjaga terus. Seperti yang diharapkan oleh pemerintah, semoga acara ini setelahnya dapat menghasilkan teknopreneurs baru, muda dan tangguh, yang dapat bertahan di medan persaingan bisnis di masa mendatang,” kata Kamaluddin.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s